pulsa

Produk yang Dipasarkan dari Beternak Madu Lebah

Produk yang dipasarkan dari beternak madu lebah. Menurut pandangan orang awam, lebah madu hanya menghasilkan madu. Padahal tidak hanya itu. Di samping menghasilkan madu, lebah juga menghasilkan produk sampingan, misalnya malam (lilin lebah), perekat lebah, royal jelly (susu madu), dan tepung sari.

Pada tulisan sebelumnya saya telah menuliskan betapa menguntungkannya menjalankan usaha peternakan lebah madu. Baca: Alasan Usaha Beternak Lebah Madu.

produk-peternakan-madu-lebah

Peternak lebah madu tradisional mencurahkan perhatiannya hanya kepada hasil madu. Sedangkan produk lainnya dianggap tidak menarik. Hal ini karena keterbatasan pengetahuan mereka dalam masalah perlebahan. Padahal sebenarnya produk sampingan itu juga dapat diuangkan (dijual).

Madu
Produk utama lebah adalah madu yang berasal dari nektar. Mula-mula lebah menghisap nektar pada bunga-bunga, kemudian diolah dil dalam tubuhnya. Akhirnya dikeluarkan dan disimpan dalam sel-sel sarang.

Madu merupakan bahan makanan yang sangat berguna bagi pemeliharaan kesehatan. Zat-zat yang terkandung di dalamnya mencakup 180 macam. Menurut para ahli bahwa susunan madu dipengaruhi oleh dua faktor-faktor lain. Oleh sebab itu, mutu, warna, dan aroma madu tidak bisa disamaratakan. Kadang-kadang kita menjumpai madu berwarna jernih kekuning-kuningan dengan aroma tertentu. Ada juga madu berwarna keruh atau agak cenderung gelap. Jadi jenis bunga pada tumbuhan tertentu merupakan faktor yang mempengaruhi perbedaan madu.

gambar-madu-dan-sarangnya

Kandungan jenis zat gula yang dijumpai dalam madu adalah jenis levulosa dan dekstrosa. Vitamin yang terkandung di dalam madu meliputi riblofamin, pantotenat, niasin, tiamin, pridoksin, dan askorbat.

Royal Jelly
Selain menghasilkan madu, lebah madu juga menghasilkan royal jelly (susu madu). Jumlahnya memang relatif sedikit, tetapi mutunya lebih tinggi daripada madu.

Royal Jelly juga dihasilkan oleh lebah pekerja. Secara alamiah, royal jelly yang berupa susu madu itu diperuntukkan calon lebah ratu yang masih berbentuk larva. Akan tetapi, bagi peternak dimanfaatkan untuk dikomersialkan. Harga royal jelly lebih mahal daripada harga madu. Royal Jelly dimanfaatkan untuk stamina dan penyembuhan penyakit, serta untuk bahan campuran kosmetika. Menurut seorang ahli di bidang farmasi bahwa zat yang terkandung di dalam royal jelly sangat komplek sehingga dapat digunakan untuk bahan campuran obat. Dalam bidang kosmetika, royal jelly terbukti mampu memberikan perawatan kulit sehingga menjadi halus dan kencang.

gambar-royal-jelly-lebah-madu

Hasil analisa bahwa di dalam royal jelly terkandung beberapa unsur yang terdiri atas:
a.    Air (moisture) 66%
b.    Protein 5,66%
c.    Senyawa terenduksi 12,50%
d.    Senyawa yang belum teridentifikasi 0,8%

Selain itu, royal jelly juga mengandung beberapa vitamin, stero-sterol, asam lemak, dan unsur-unsur lainnya seperti karbohidrat. Karbohidrat yang terkandung dalam royal jelly meliputi glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Bagi peternak yang belum berpengalaman, biasanya mengabaikan keberadaan royal jelly ini. Akan tetapi, mereka yang sudah cukup profesional akan memanfaatkan sebaik-baiknya. Untuk mendapatkan royal jelly yang bermutu baik, biasanya di dalam stup dibuatkan tempat khusus yang disebut sel tipuan. Benda ini ditempatkan sedemikian rupa sehingga oleh lebah pekerja diisi royal jelly. Jika sudah waktu masak, royal jelly itu dipanen.

Meskipun mutu dan kandungan nutrisinya lebih tinggi dibanding madu, tetapi royal jelly tidak tahan jika jika disimpan dalam waktu relatif lama. Lebih dari setengah hari, kandungan dalam royal jelly menjadi rusak. Oleh sebab itu, penggunaan royal jelly harus dikonsumsi seketika setelah panen. Akan tetapi, sekarang ditemukan cara untuk mengawetkan kadar nutrisi yang terkandung di dalam royal jelly. Peternak profesional menemukan cara yang tepat, yaitu mencampurkannya dengan madu dalam komposisi tertentu sehingga dapat disimpan sampai seminggu.

Nah itulah penjelasan tentang madu dan royal jelly yang saya dapat dari sebuah buku yang berjudul Beternak Lebah Peluang Bisnis Semua Orang yang kemudia saya tulis beberapa poinnya misalnya Produk yang dipasarkan dari beternak madu lebah. Semoga bermanfaat. Salam.


0 Komentar untuk "Produk yang Dipasarkan dari Beternak Madu Lebah"
Back To Top